Soal Ujian Akhir Semester “ Mata Kuliah Pengantar Bisnis “
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgbEgdo02o4iBu0WjdadXL4MtwKlIsr6B59SPqqnp6L3LvHCFCMLTzkPkpc7Pz1I0ZU13MwCe1tJvGT9ceqwd4-Iz4ONOzxm_N5KQQZHjhnxJtKEt022Ib7FI1KD8-pjV1zHIspqrbiCk/s72-c/PENGURUS+PKK+RW-09+copy.jpg+A3.jpg
nama : Nurjihan khofifah
islamiyah
NIM : 01219073
Kelas : Manajemen A-01
1. Dalam mengelola sebuah bisnis, para pebisnis dihadapkan
pada lingkungan internal dan eksternal. Sebutkan berbagai pihak (siapa saja)
yang ada pada lingkungan tersebut dan bagaimana peran mereka?
Jawaban :
> Lingkungan
Internal :
pihak yang informal harus berada di internal karena berbeda
dengan formal informal merupakan para pekerja yang bekerja di lingkungan usaha
tidak resmi jadi tugas mereka harus memaksimalkan kebisnisan.
Lingkungan
Internal dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :
Tenaga
kerja (Man)
Modal
(Money)
Material/bahan
baku (Material)
Peralatan/perlengkapan
produksi (Machine)
Metode
(Methods)
Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan
Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan)
perusahaan.
> Lingkungan
Eksternal :
Pihak sektor formal harus dalam lingkungan eksternal karena
sektor formal adalah para pekerja yang membutuhkan tingkat pendidikan memadai
jadi tugas mereka adalah bekerja dengan baik dalam bisnis di lingkungan
tersebut.
A.
Lingkungan Khusus
- Konsumen atau pelanggan merupakan
kelompok potensial yang mengonsumsi output atau barang dan jasa yang dihasilkan
perusahaan atau organisasi bisnis dan juga lembaga pemerintahan maupun
organisasi nonprofit lainnya.
- Pemasok, perusahaan atau individu yang
menyediakan faktor-faktor produksi yang dibutuhkan perusahaan untuk memproduksi
produk atau jasanya. Pasokan meliputi penyediaan bahan baku/material,
peralatan, input keuangan dan tenaga kerja.
- Pesaing, meliputi semua tawaran pesaing
yang nyata maupun potensial serta substitusi yang dipertimbangkan oleh pembeli.
Biasanya setiap perusahaan mempunyai satu atau lebih pesaing. Perusahaan perlu
lebih memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen melalui penawaran produk dan
jasa yang lebih baik dari pesaing.
Kreditor,
Perusahaan perlu memperhatikan kreditor atau kelompok kepentingan tertentu yang
mempengaruhi kegiatan organisasi secara financial.
2.
Lingkungan Umum
- Kondisi Ekonomi
Tingkat
inflasi, masalah pengangguran, tingkat pertumbuhan pendapatan nasional, keadaan
neraca pembayaran, kondisi pasar saham serta fluktuasi kurs valuta asing dan
suku bunga, secara umum adalah beberapa faktor ekonomi yang mempengaruhi
praktik manajemen dalam aktivitas bisnis.
- Kondisi Politik dan Hukum
Terdapatnya
kestabilan politik dan kebijakan pemerintah yang sesuai dapat menciptakan
suasana kondusif untuk mengembangkan aktivitas organisasi bisnis di berbagai
bidang.
-
Kondisi Sosial Budaya
Para
manajer perlu memperhatikan adanya perubahan sosial budaya masyarakat khususnya
pola dan tren pasar yang dituju. Manajer perlu menyesuaikan strategi bisnis
terutama pemasarannya dengan kondisi nilai-nilai sosial, kebiasaan, dan selera
konsumen. Sebagai contoh saat ini tren nilai dan selera masyarakat perkotaan
adalah kembali ke alam sehingga perusahaan perlu menyesuaikan strategi
pemasarannya, misalnya dengan membuat produk yang alami tanpa bahan pengawet.
- Kondisi Demografi
Kondisi
demografi mencakup kebiasaan yang berlaku dalam karakteristik fisik dari
populasi, seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, lokasi geografis,
pendapatan, konsumsi keluarga.
- Teknologi
Teknologi
merupakan salah satu faktor lingkungan umum yang paling dramatis atau paling
cepat mengalami perubahan. Teknologi pun menjadi salah satu faktor yang
mempengaruhi keputusan manajer terutama dalam hal pengembangan produk. Sebagai
contoh, saat ini dinamika industry ponsel sedang berkembang pesat, kita selalu
mendapat informasi adanya tawaran produk ponsel dengan berbagai fitur dan
manfaat baru dalam waktu yang sangat cepat. Hal ini karena terkait dengan
perkembangan teknologi yang terjadi. Dahulu kita hanya mengenal ponsel
digunakan untuk menelepon saja, namun dalam waktu beberapa tahun belakangan ini
dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kita sudah dapat menemukan
ponsel dengan tambahan fitur kamera, video kamera atau bahkan komputer.
- Globalisasi
Globalisasi
adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi organisasi bisnis. Manajer
dari perusahaan besar maupun kecil yang ada di dalam negeri semakin ditantang
dengan meningkatnya jumlah pesaing sebagai dampak dari adanya pasar global yang
merupakan bagian dari lingkungan eksternal.
2. Etika bisnis sangat penting bagi kelangsungan dan
kelangenggan suatu usaha.
a. Apakah yang di maksud etika bisnis
b. apakah yang di maksud Corporate Social Responsibility (
CSR ) dan berilah contoh penerapannya.
Jawaban!
A. Etika bisnis
merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek
yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis
dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta
pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra
kerja, pemegang saham, masyarakat.
B. CSR (Corporate
Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh
perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab
mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan .
Contoh penerapan : PT Unilever Indonesia
Produsen produk kebutuhan rumah tangga ini memiliki banyak
program CSR melalui produk-produknya, di antaranya adalah kampanye cuci tangan
dengan sabun (Lifebuoy), pelestarian kuliner nusantara (kecap Bango), dan
edukasi kesehatan gigi dan mulut (Pepsodent).
3. Bentuk usaha sangat penting bagi legalitas suatu usaha.
oleh karena itu suatu usaha perlu memiliki struktur organisasi untuk
memperjelas peran sumberdaya yang ada.
a. Sebut dan jelaskan ciri-ciri bentuk usaha!
b. Gambarkan satu jenis organisasi!
Jawaban!
A. - ciri - ciri
Badan Usaha/Perusahaan Perseorangan atau Individu:
-relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
·tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta
pribadi
- tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan
retribusi
- seluruh keuntungan dinikmati sendiri
·sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
- Ciri - ciri
Badan Usaha/Perusahaan Persekutuan :
a.Ciri-ciri Firma:
# Para
sekutu aktif di dalam mengelola perusahaan.
# Tanggung
jawab yang tidak terbatas atas segala resiko yang terjadi.
# Akan
berakhir jika salah satu anggota mengundurkan diri atau meninggal
dunia.
b. Ciri-ciri CV
sebagai berikut:
* Sulit untuk menarik
modal yang telah disetor.
* Modal besar karena
didirikan banyak pihak.
*Mudah
mendapatkan kridit pinjaman.
* Ada anggota aktif
yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif.
* Relatif mudah
untuk didirikan.
*
Kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu.
- Ciri - ciri Perseroan Terbatas / PT /
Korporasi / Korporat
> Kewajiban terbatas pada modal tanpa
melibatkan harta pribadi.
>Modal dan ukuran perusahaan besar.
>Kelangsungan hidup perusahaan pt ada
di tangan pemilik saham.
> Dapat dipimpin oleh orang yang
tidak memiliki bagian saham.
> Kepemilikan mudah berpindah tangan.
> Mudah mencari tenaga kerja
untuk karyawan/pegawai.
> Keuntungan dibagikan kepada pemilik
modal/saham dalam bentuk dividen.
> Kekuatan dewan direksi lebih besar
daripada kekuatan pemegang saha
> Sulit untuk membubarkan pt.
4. kemampuan manajer sangat penting dalam mengelola
operasional perusahaan. ada 3 kemampuan
manajer yaitu: Conceptual skills, Human
skills, dan Technical skills. Jelaskan penerapan kemampuan tersebut.
Jawaban :
A. Keterampilan
Konseptual (Conceptual Skills)
Keterampilan Konseptual adalah kemampuan manajer untuk
melihat keseluruhan organisasi sebagai suatu entitas yang lengkap. Keterampilan
Konseptual ini meliputi pemahaman tentang kerjasama setiap unit kerja dalam
organisasi beserta pemahaman tentang ketergantungan satu unit kerja dengan unit
kerja lainnya, perubahan pada suatu unit kerja juga akan mempengaruhi unit
kerja atau bagian lainnya. Keterampilan ini meliputi pemahaman tentang hubungan
antar institusi, industri dan masyarakat serta pemahaman tentang pengaruh
faktor-faktor politik, sosial dan kondisi ekonomi suatu negara terhadap bisnis
perusahaannya. Dengan pemahaman-pemahaman tersebut, seorang manajer tingkat
tinggi atau Top Management dapat memahami kondisi bisnis secara keseluruhan dan
mengambil tindakan yang tepat untuk kesuksesan organisasinya.
B. Keterampilan
Berhubungan dengan Orang lain (Humanity Skills)
Keterampilan berhubungan dengan Orang lain atau Humanity
Skill ini adalah kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan
anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim
yang dipimpinnya. Keterampilan ini akan memungkinkan para manajer untuk menjadi
pemimpin dan memotivasi karyawannya untuk mendapatkan prestasi kerja yang lebih
baik. Selain itu, para Manajer juga harus dapat memanfaatkan potensi
karyawannya secara efektif di perusahaan.
Komunikasi juga merupakan salah satu bagian yang terpenting
dalam Keterampilan ini. Komunikasi yang baik dan efektif akan memberikan dampak
positif terhadap karir manajer yang bersangkutan dan juga dalam pencapain
tujuan organisasi. Keterampilan berhubungan dengan orang lain atau Humanity
Skill ini penting bagi semua tingkatan manajemen di suatu organisasi atau
perusahaan. Keterampilan ini juga disebut sebagai Keterampilan Interpersonal
(Antarpribadi) atau Human Skill (keterampilan kemanusiaan).
C. Keterampilan
Teknis (Technical Skills)
Keterampilan Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan
untuk menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan
tertentu. Contohnya seperti kemampuan dan pengetahuan untuk merancang produk,
memperbaiki mesin, mengoperasikan mesin, merakit komputer, membuat program
komputer, menyiapkan pembukuan dan laporan keuangan, menjual produk,
menciptakan lagu, memasak makanan dan lain sebagainya. Keterampilan Teknik ini
merupakan keterampilan yang penting bagi manajer di tingkat pertama namun
kurang penting atau tidak wajib untuk dimiliki oleh manajemen tingkat atas.
5. Apabila saudara adalah seorang konsultan manajemen dan
membantu merekomendasikan bentuk kepemilikan bisnis apakah yang tepat pada
situasi berikut:
a. empat orang dokter ingin mendirikan praktek bersama dan
masing-masing ingin memiliki kewajiban yang terbatas
b. seorang teman ingin membuka toko kelontong miliknya
sendiri.
c. Seorang pengusaha ingin membeli bisnis baja besar
d. Lia orang teman ingin membangun sebuah komplek apartemen
dan sangat memikirkan tentang tangung jawab terbatas.
Jawaban :
A. PERSEROAN
COMANDITER (CV)
B. PERUSAHAAN
PERSEORANGAN
C. PERSEROAN
TERBATAS (PT)
D. PERSEROAN
TERBATAS (PT)
6. Saudara sudah mengamati sebuah bisnis yang erada di
lingkungan sekitar tempat tinggal. jelaskan apakah hasil pengamatan yang
menarik dan yang perlu memperoleh perhatian ( perlu dibantu pengembangannya)?
Jawaban!
- Yang menarik
ialah produk yang sangat terjangkau namun belum dicoba untuk pengembangannya.
Perlu di bantu. Karena jika proses produksi, diposting di
semua sosmed lebih luas lagi, di kemas lebih menarik lagi itu bisa jadi sebuah
peluang yang sangat besar pagi usahanya. Bahkan bisa akan terus berkemang
dengan baik.
#bangganarotama
#missmanagement
#narotamajaya
#universitasnarotama
#elinanarotama
#kuliahdarirumah
#ujiandarirumah
#thinksmart#missmanagement
#narotamajaya
#universitasnarotama
#elinanarotama
#kuliahdarirumah
#ujiandarirumah
Posting Komentar